Cup Espresso Coffee Drink

Hi moms… bagi mama yang sedang hamil pasti sangat memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi dengan baik kan? Tentu saja… karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan mama. Tapi pernah gak sih moms bertanya-tanya, apakah kafein diperbolehkan dan aman untuk diminum oleh ibu hamil?

Jadi moms… menurut American Pregnancy Association, kafein ini dapat berperan sebagai stimulan dan diuretik. Dikatakan sebagai stimulan karena kafein ini dapat meningkatkan tekanan darah dan juga detak jantung. Kafein juga menyebabkan mommy dehidrasi karena kafein meningkatkan frekuensi mommy untuk buang air kecil. Tubuh mommy tentu saja bisa mengolah kafein yang masuk, namun untuk bayi yang ada di dalam kandungan, mereka tidak bisa. Metabolisme tubuhnya masih belum sempurna sehingga belum dapat memetabolisme kafein dengan baik. 

Kafein tidak hanya dapat ditemukan pada kopi, namun juga teh, coklat, soda, dan beberapa obat-obatan pereda sakit kepala yang dijual bebas di pasaran. Memang belum ada penelitian yang secara khusus mengatakan bahwa kafein memiliki efek negatif untuk kehamilan, namun sangat disarankan untuk para mommy yang sedang dalam masa kehamilan untuk menghindari kafein sebanyak-banyaknya. Bila mommy sangat menginginkan kafein karena tuntutan mengidam, batasi jumlah kafein yang mommy konsumsi, yaitu maksimal 1 cup atau cangkir kopi yang setara dengan 350 ml.