Menyiapkan tempat tidur yang nyaman bagi bayi dan juga memahami bagaimana cara tidur yang benar bagi bayi dapat mengurangi resiko kematian mendadak atau SIDS pada bayi. Perlu diketahui, bahwa SIDS terus menjadi penyebab kematian bayi di bawah 1 tahun, terutama saat bayi berusia 2-4 bulan. Penyebab SIDS sampai saat ini masih diteliti lebih lanjut namun banyak yang mengakitkannya dengan posisi tidur si bayi.

Moms and dads yang baru dikarunia seorang buah hati pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk si bayi ya, tak terkecuali dengan menyiapkan tempat tidur yang nyaman. Boxes bayi pada umumnya menjadi pilihan bagi moms and dads untuk tempat tidur si bayi karena dinilai aman dan nyaman. Namun hal tersebut menjadi kontroversi di Amerika Serikat loh moms and dads.

Ide pembuatan boxes bayi pada awalnya muncul di Finlandia sekitar 100 tahun yang lalu, dan pada tahun 1930-an boxes bayi diperkenalkan kepada para wanita hamil dan mereka disarankan agar melakukan kunjungan pra melahirkan. Dalam kunjungan tersebut dokter akan mengajarkan mengenai kebiasaan tidur yang aman bagi bayi sehingga hingga saat ini angka kematian bayi di Finlandia merupakan yang terkecil di seluruh dunia. Namun para profesional mempertanyakan keamanan boxes bayi karena belum ada tes resmi.

Nah moms and dads jangan khawatir karena berikut ini adalah beberapa hal yang dianjurkan oleh Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat untuk mencegah SIDS.

  1. Letakkan bayi dikamar yang sama dengan orang tua, eits tapi bukan di ranjang yang sama dengan moms and dads ya.
  2. Berikan bayi emping atau dot.
  3. Supply ASI yang baik dapat mencegah SIDS.
  4. Vaksin bayi sesuai jadwal dengan teratur.
  5. Hindari bayi dengan perokok, terlebih bagi moms yang merokok tidak dianjurkan selama kehamilan dan juga setelah melahirkan.