Sering kita dengar bahwa sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Tidak heran jika air merupakan salah satu asupan terpenting bagi tubuh manusia, terlebih untuk ibu hamil. Asupan air bisa didapatkan dari berbagai jenis sumber, seperti misalnya minum air putih, bahkan pada jus buah dan sayuran.

 

Pada ibu hamil, jus yang aman untuk diminum adalah jus dari buah dan sayuran yang masih segar. Jus dalam kemasan sebaiknya dihindari karena banyak mengandung pengawet dan pemanis buatan. Pemanis mengandung gula, dan gula yang berlebihan akan memicu kenaikan berat badan berlebih baik pada ibu maupun janin. Jika ibu hamil ingin minum jus dalam kemasan, biasakan untuk cek dan pastikan kembali kandungan gizi yang ada pada jus tersebut. Jangan lupa untuk mempasteurisasi (memanaskan) jus agar memperlambat pertumbuhan organisme berbahaya. Pasteurisasi ini tergolong penting dilakukan karena ibu hamil sangat rentan terhadap penyakit.

 

Berbicara mengenai jus yang sehat untuk ibu hamil, berikut ini adalah beberapa jenis jus yang baik untuk ibu hamil.

 

Jus Alpukat

Jus alpukat dikenal dengan buah yang mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Sekitar 60 gram buah alpukat diklaim dapat memberikan energi sebanyak 50 kalori. Ibu hamil tentunya sangat cocok minum jus ini karena selain mengandung lemak tak jenuh, alpukat juga kaya akan gizi seperti asam folat, vitamin B, C, K, serat, kalsium, zat besi, kolin, dan magnesium. Kandungan gizi tersebut juga dipercaya dapat membantu mengatasi gejala mual pada ibu hamil.

 

Jus Apel

Buah apel kaya akan vitamin C, kalium, vitamin A, dan juga serat. Sebuah hasil studi juga mengemukakan bahwa konsumsi apel secara teratur saat ibu sedang hamil dapat menyebabkan menurunnya risiko melahirkan anak dengan alergi dan asma. Apel yang memiliki kandungan gizi baik ini juga dapat memperkuat sistem imun tubuh.

 

Jus Jeruk

Selain apel, jeruk juga kaya akan vitamin C. Jeruk juga mengandung asam folat yang berperan penting untuk mencegah kecacatan pada janin. Antioksidan yang terkandung pada buah jeruk juga sangat berperan untuk menangkal radikal bebas. Rasa dari jeruk yang sedikit asam mungkin bisa menjadi alat pereda mual pada ibu hamil. 

 

Jus Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin , B6, dan C yang baik untuk keperluan gizi ibu hamil. Vitamin A dan C sangat berperan dalam pembentukan sistem imun pada tubuh baik untuk ibu maupun janin. Sedangkan vitamin B6 sangat penting untuk otak dan saraf janin yang sedang berkembang.

 

Jus Pisang

Apakah ibu sering menikmati pisang dengan cara langsung dimakan? Pisang juga ternyata enak untuk dinikmati dalam bentuk jus loh… Pisang kaya akan kalium, serat, vitamin B6 dan C. Jadi pisang bisa mengurangi sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil. Mual dan muntah juga terkadang bisa diatasi dengan memakan satu buah pisang karena kandungan vitamin B6 nya yang cukup tinggi. Bila ibu tidak begitu suka dengan pisang yang di jus, ibu bisa mencampurkan buah lainnya seperti apel, lemon, stroberi, bahkan dengan alpukat.

 

Jus Wortel

Wortel terkenal dengan sayur yang kaya akan vitamin A. Selain kaya akan vitamin A, kandungan lainnya yang ada dalam sayur wortel ini adalah magnesium, zat besi, kalium, dan vitamin B. wortel baik untuk perkembangan mata, gigi, dan tulang pada janin, serta dikatakan baik untuk kesehatan kulit ibu. Bagi ibu yang mengalami masalah kulit seperti kulit kusam dan kering mungkin bisa mulai mengkonsumsi wortel untuk mengatasinya. 

 

Jadi bagaimana ibu-ibu? Apakah hari ini sudah minum jus buah dan sayuran segar? Mulailah untuk makan dan minum buah dan sayuran yang sehat demi kebaikan tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu saat mengandung. Semoga sehat selalu, moms…