Gangguan pada sistem pernafasan baik pada anak-anak maupun orang dewasa sangatlah tidak nyaman. Hidung tersumbat membuat seseorang menjadi susah bernafas dan suara yang bindeng saat berbicara. Pada orang dewasa, hidung tersumbat ini merupakan penyakit yang sudah biasa terjadi terutama disebabkan karena kekurangan vitamin. Obat-obatan yang digunakan untuk meredakan hidung tersumbat kini sudah bebas dijual di pasaran. Namun bagaimana dengan bayi? Bila bayi anda mengalami hidung tersumbat, mungkin bisa terapkan cara tradisional sebagai berikut.

  • Bilas Hidung Dengan Air Garam

Membilas hidung tersumbat dengan air garam bukan hanya bisa meredakan hidung tersumbat, tetapi juga bisa mencegah infeksi. Caranya adalah mencampurkan air hangat dengan garam secukupnya. Masukkan air campuran garam tersebut kedalam suntikan steril yang jarumnya sudah terlepas. Miringkan badan kemudian semprotkan air tersebut lewat salah satu lubang hidung dengan mulut terbuka. Biarkan cairan keluar dari lubang hidung sebelahnya. Ulangi cara ini beberapa kali sampai hidung tersumbat mereda.

  • Buang Ingus

Membuang ingus dengan cara menekan salah satu lubang hidung kemudian hembuskan nafas sedikit kuat. Kapanpun merasa hidung mulai tersumbat, keluarkan ingus agar tidak semakin susah bernapas.

  • Hirup Uap Air Hangat

Uap air hangat ini bisa didapatkan dari air yang panas atau baru mendidih, namun hati-hati jangan terlalu dekat agar wajah tidak kepanasan. Uap air akan membantu ingus anak lebih encer dan lebih mudah untuk dikeluarkan.