Tidur siang mungkin tidak sering dilakukan oleh ibu hamil dengan berbagai alasan. Banyak ibu hamil yang tetap beraktivitas dan bekerja di siang hari sehingga tidak memiliki kesempatan dan waktu untuk tidur yang cukup. Ibu hamil sebenarnya harus istirahat dan memenuhi kebutuhan tidurnya selama 8 – 10 jam setiap hari. Agar waktu tidur tersebut dapat dipenuhi, ada baiknya ibu hamil yang kesulitan tidur di malam hari agar menambah waktu tidurnya di siang hari.

Manfaat tidur siang bagi ibu hamil

  1. Membantu mengurangi rasa lelah. Saat memasuki trisemester ketiga, mommy akan lebih sering merasa lelah karena bobot tubuh yang meningkat. Tidur siang sebentar akan membantu mommy mengurangi rasa lelah tersebut.
  2. Meringankan sakit kepala. Bila moms mengalami sakit kepala, coba tidur siang sebentar. Tidur siang akan meringankan gejala sakit kepala.
  3. Mempertajam ingatan. Bila mommy sudah mulai merasa cepat lupa, mungkin karena mommy mengalami kurang tidur. Mommy bisa mencoba untuk mengatur waktu tidur siang agar memori atau daya ingat menjadi lebih baik.
  4. Mengurangi kebiasaan insomnia. Insomnia sering dialami oleh mommy yang berada dalam masa kehamilan trisemester pertama. Tidur siang yang cukup bisa membantu mommy mengatasi insomnia di malam hari. Namun harus tetap diingat bahwa mommy tidak dianjurkan untuk tidur terlalu lama agar di malam hari mommy tidak mengalami kesulitan tidur.
  5. Menghindarkan kemungkinan bayi lahir prematur. Menurut beberapa penelitian, tidur siang yang cukup dapat mengurangi resiko mommy melahirkan bayi prematur karena mommy tidak mengalami kelelahan dan cenderung dalam keadaan fit. 

Tidur siang memang baik untuk ibu hamil, namun durasinya tetap harus diperhatikan ya moms… Tidur siang yang ideal adalah sekitar 30 – 60 menit. Bila tidur siang terlalu lama, moms mungkin akan merasa kelelahan dan tidak bersemangat beraktivitas.